10 Apr

5 Tips Desain Email Marketing

5 Tips Desain Email Marketing

Menulis email marketing yang efektif adalah hal yang krusial bagi para digital marketer. Seringkali email yang dikirimkan, entah itu tidak dibaca, atau pengguna langsung menekan tombol delete begitu terima. Itupun jika selamat dari spam filter. Desain email marketing adalah salah satu aspek dalam efektifitasnya. Dengan membuat desain yang baik, banyak langkah lebih maju diperoleh dalam meningkatkan open rate sebuah email marketing. Lalu apa saja aspek yang perlu diperhatikan dalam desain email marketing? Berikut beberapa tipsnya:

1. Letakkan Logo selalu di tempat yang sama

Secara konsisten letakkan logo di tempat sama. Usahakan selalu di atas (sebelum bagian email), agar memiliki visibilitas lebih tinggi.

2. Sebisa mungkin ada pratinjau atau preview sebelum membaca keseluruhan

Menurut marketing sherpa, 70% penerima email membaca bagian pratinjau, atau sebagian kecil dari isi email Anda. Jadi pastikan preview ini selalu ada, dan letakkan pesan kunci Anda disitu, sebelum menggirim mereka membaca lebih detail.

3. Batasi jenis font

Sebagai panduan, cukup dua jenis font dalam email Anda. Font untuk header dan satu lagi font untuk badan. Untuk kemudahan baca, gunakan font standar seperti Times New Roman atau Arial. Kecuali jika Anda punya font tersendiri, tetap cukupkan dua jenis saja.

4. Selalu gunakan foto

Ingat bahwa pembaca hanya punya waktu sebentar untuk memerika email masuk yang jumlahnya puluhan hingga ratusan. Pastikan selalu menyertakan foto dengan kualitas baik dan mendukung konten. Dan gunakan alt pada setiap foto yang Anda sisipkan, karena beberapa aplikasi pembaca email mematikan tampilan gambar secara default.

5. Selalu perhatikan space atau ruang kosong dalam email Anda

Meskipun email memiliki ruang yang lebih kecil, tapi bukan berarti kita desain secara desak-desakan. Untuk memastikan pesan terbaca dengan baik, berikan ruang antara headline dengan isi pesan. Beri jarak yang cukup pula untuk gambar.

Sumber gambar:
http://blog.hubspot.com/marketing/email-marketing-examples-list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *