11 Mar

Penjelasan Talk About This

Penjelasan Talk About This

Talk About This atau kita singkat TAT, adalah fitur yang diperkenalkan Facebook sejak Oktober 2012. Sebagai pengelola Facebook fanpage, tentu tidak asing dengan istilah ini. Namun bagaimana angka ini dapat kita gunakan? Sebab tolok ukur keberhasilan kampanye di halaman Facebook tidak hanya dihitung dari penambahan fans-nya, namun juga dikombinasikan dengan angka lain yang bernama Talk About This.

TAT yang Baik
Semakin tinggi angka TAT, semakin baik. Angka Talk About This yang tinggi menunjukkan:

  1. Ada pembicaraan intensif dalam fanpage tersebut
  2. Membernya aktif. Ini penting diperhatikan mengingat banyak member facebook yang hanya ‘bot’ atau ‘robot’ atau fans yang bisa dibeli namun bukan manusia sebenarnya.

Bagaimana Facebook menghitung TAT?
Pada dasarnya Facebook menghitung TAT berdasarkan ‘cerita’ yang dihasilkan oleh penggemar fanpage bersangkutan. ‘Cerita’ ini mencakup:

  1. Like fanpage
  2. Mengirim ke wall
  3. Like sebuah kiriman
  4. Memberi komentar terhadap sebuah kiriman
  5. Berbagi kiriman
  6. Menjawab pertanyaan
  7. Reservasi terhadap event yang diadakan fanpage
  8. Menyebut kiriman page ke dalam kiriman pribadi
  9. Tag page dalam sebuah foto
  10. Check-in suatu tempat
  11. Berbagi penarawan/deal dari tempat check-in
  12. Menyukai penawaran/deal dari tempat check-in
  13. Menulis rekomendasi
  14. Mengklaim sebuah penawaran

Satu kali aksi dari masing-masing di atas dihitung satu.

Apa Indikator Keberhasilan TAT
Tidak ada angka pasti untuk menyebut TAT yang ada itu berhasil atau tidak. Namun di Ocentrum, agency yang menaungi Digita, selalu menghitung TAT dibagi dengan jumlah follower. Kami sering menyebutnya dengan mention rate. Lalu berapakah mention rate yang baik? Di Ocentrum kami menggunakan angka 10%. Mention rate di bawah 10% berarti buruk. Sedangkan di atas 10% sudah bisa dibilang berhasil.

Apakah TAT bisa lebih dari 100%
Bisa, dan sangat mungkin terjadi. Berdasarkan pengalaman Ocentrum,  dalam beberapa minggu TAT melebihi 110%. Ini terjadi bisa karena beberapa faktor:

  1. Karakter fanpage yang memiliki hubungan emosional khusus. Misalnya fanpage terhadap bayi/anak-anak, fanpage terhadap klub sepak bola dan hal-hal lain yang memang memancing ikatan emosional.
  2. Ada banyak aktivitas. Selain kuis dan lomba yang dilakukan berkala, posting hal-hal menarik, info dan lainnya secara berkala dan optimal akan memancing respons yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *