26 Feb

Studi Kasus: Komunikasi Brand via Film Love and Faith

Studi Kasus: Komunikasi Brand via Film Love and Faith

Perusahaan serius seperti bank, seringkali kesulitan dalam mengomunikasikan brandnya. Terutama untuk bank-bank yang memberi layanan bisnis. Bagaimana bisa membawa brand-nya kepada pelanggan? Sementara komunikasi brand yang efektif biasanya dibungkus dalam story telling. Cerita-cerita di balik brand. Dan ini yang seharusnya dimanfaatkan Bank OCBC-NISP, yang menggunakan kisah nyata kegigihan pendirinya, Karmaka Suraudjaja (Kwee Tjie Hoei) yang diangkat menjadi identitas brand. Kisah hidupnya telah diangkat via film Love and Faith.

Bank NISP berdiri sejak 4 April 1954.  Pada 1981, sempat berganti nama menjadi NV. Spaar En Deposito yang diuraikan sebagai Bank Nilai Inti Sari Penyimpan (disingkat NISP), bank ini kemudian lama dikenal sebagai Bank NISP. Karmaka memperoleh amanah memimpin bank ini dari mertuanya saat perusahaan diambang pailit pada masa peralihan dari orde lama ke orde baru. Karmaka berhasil memukul mundur jajaran direksi nakal dan menggiring mereka diproses kejaksaan, bahkan, karena dipandang sebagai kasus perbankkan penting di tahun itu. Dalam perjalannya, Karmaka sempat mengalami percobaan pembunuhan tiga kali.

Yang perlu digarisbawahi di sini, adalah penggunaan media alternatif sebagai komunikasi marketing. Penggunaan yang lazim film adalah sebagai media placement. Selama ini kita sering melihat di film James Bond, berseliweran merk jam dan mobil.  Sebut saja Bentley, Aston Martin, Range Rover, Audi dan BMW. Lalu Rolex, Tag Heuer, Seiko di Film Casino Royale. Dilaporkan di tahun 2006, placement di Film ini mencapai £3.3 milyar. Jumlah yang cukup fantastis.

Namun dalam kasus Film Love and Faith berbeda. Bukan placement, tapi cerita itu sendiri yang menjadi key message komunikasinya.

Film Love and Faith yang mengisahkan perjalanan hidup pendiri bank OCBC-NISP ini diangkat dari buku ‘Tidak ada yang tidak bisa’ dari Dahlan Iskan. Akan dirilis Maret 2015 ini. Dengan kisah yang penuh warna, OCBC NISP dapat ‘amunisi’ yang cukup banyak untuk komunikasi marketingnya. Dalam konteks digital, story seperti ini kaya sekali jika ingin diangkat sebagai content. Terutama engagement. Sayangnya hingga tulisan ini dibuat, materi-materi yang ada belum dioptimalkan pemanfaatannya via digital. Padahal jika mereka menggunakannya, akan menjadi pionir yang dapat dicatat dalam sejarah marketing baik konvensional maupun digital.

 

Original Soundtrack Film Love & Faith – Seperti Legenda

Sumber:

  1. Film Love and Faith
  2. Profil Bank OCBC-NISP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *